Just another WordPress.com site

Materi Ulangan Semester Genap

Ulangan semester genap, tahun ajaran 2010-2011, akan dimulai tanggal 30 mei 2011. Khusus mata pelajaran kimia yang akan “disajikan” pada ulangan semester nanti tidak jauh dari materi pelajaran yang telah disampaikan di dalam kelas. Materi yang diujikan meliputi : larutan asam-basa, larutan buffer (penyangga), larutan hidrolisis, dan koloid.

1. Larutan Asam-Basa
Dimateri ini, siswa lebih ditekankan pada pemahaman menyangkut “tingkat kekuatan” keasaman atau kebasaan. Dalam hal ini lebih jelasnya pada “hafalan” dan pemahaman yang berkaitan dengan asam lemah-asam kuat dan basa lemah-basa kuat. Kemudian keterkaitan asam-basa dengan derajat keasaman (pH) serta rumus-rumus yang berkaitan tingkat keasaman tersebut serta dalam perhitungan proses pengenceran.

2. Larutan Buffer
Lanjutan materi asam-basa adalah larutan buffer, larutan yang dapat mempertahankan harga keasaman dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa. Perlu diketahui juga penyelesaian perhitungan pH larutan buffer dengan memperhatikan reaksi zat yang berlangsung, apakah ada yang harus melakukan reaksi terlebih dahulu kemudian memeasukkan dalam rumus atau langsung memasukkan ke dalam rumus tanpa harus membuat reaksi terlebih dahulu.

3. Larutan Hidrolisis
Siswa diharapkan dapat membedakan antara reaksi hidrolisis total, hidrolisis parsial, atau tidak terhidrolisis. Pemahaman materi yang berkaitan dengan penggunaan rumus pada soal-soal hidrolisis, siswa ditekankan pula dapat membedakan antara larutan hidrolisis dan larutan penyangga.

4. Koloid
Siswa dapat membedakan antara koloid, suspensi, dan larutan sejati. Kemudian siswa dapat membedakan berbagai jenis koloid berdasarkan zat pendispersi dan zat terdispersi. Perlu juga siswa dapat memahami koloid pada proses pembuatan koloid, sifat-sifat koloid dan koloid pada kehidupan sehari-hari.

2 responses

  1. selamat bergabung pak

    Mei 25, 2011 pukul 9:40 am

    • terima kasih, oh ya……. thanks ilmunya

      Mei 28, 2011 pukul 3:29 am

Tinggalkan komentar